Diperbarui, “Pokemon Go” Kehilangan Satu Fitur Penting

w580

Kompas.com Deliusno

Diterbitkan : 01/08/2016 10:46

Pokemon Go
Pokemon Go
tekno pokemon versi baru battery saver
Pokemon Go versi 0.31.0 (kanan) tak memiliki fitur battery saver

KOMPAS.com – Akhir minggu lalu, Niantic resmi merilis update game mobile populer Pokemon Go versi 0.31.0. Pembaruan tersebut membawa sejumlah fitur baru seperti avatar yang kini bisa dimodifikasi ulang sekaligus perbaikan bug.

Tapi ada fitur lain yang dihilangkan tanpa sebab yang jelas. Radar Pokemon di pojok kanan bawah layar kini tak lagi menampilkan jejak kaki sebagai indikasi jarak lokasi Pokemon yang bersangkutan dari pemain.

Selain itu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechInsider, Senin (1/8/2016) fitur penting berupa battery saver yang dulu diakses dari dalam game Pokemon Go juga turut lenyap dari game tersebut di platform Android dan iOS.

Fitur ini diketahui akan meredupkan layar perangkat untuk menghemat baterai sehingga pemain bisa lebih lama mondar-mandir mencari Pokemon. Ponsel juga bisa bergetar apabila ada Pokemon yang muncul sehingga pemain tak perlu senantiasa menatap layar.

Tak jelas mengapa Niantic selaku developer Pokemon Go menghilangkan battery saver. Spekulasi yang beredar di internet, fitur tersebut sebenarnya tak banyak membantu dalam mengirit baterai.

Ada juga yang mengatakan bahwa battery saver mengandung bug yang bisa mengganggu jalannya permainan dengan menimbulkan crash.

Apa pun sebabnya, yang jelas, Pokemon Go versi 0.31.0 kini tidak memiliki fitur indikator jarak Pokemon dan penghemat baterai.