Ini Lukisan Karya Jokowi, Apa Artinya?

w580

Kompas.com Sandro Gatra

Diterbitkan : 01/08/2016 11:29

Lukisan Jokowi
Lukisan Presiden Jokowi yang dibuat saat ia membuka pameran karya seni dan lukisan Istana Kepresidenan di Galeri Nasional, Jakarta, Senin (1/8/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo membuka pameran karya seni dan lukisan Istana Kepresidenan, di Galeri Nasional, Jakarta, Senin (1/8/2016).

Jokowi menandai pembukaan pameran ini dengan melukis di sebuah kanvas yang sudah disediakan oleh panitia di lokasi acara.

Jokowi awalnya mengambil kuas dan mencelupkannya ke cat air berwarna merah. Jokowi lalu melukiskan huruf S dengan ukuran yang cukup besar di tengah kanvas.

Jokowi lalu mengganti kuasnya dan memilih mencelupkannya di cat air warna hitam. Jokowi lalu melukiskan huruf e di samping huruf S.

Terakhir, Jokowi memilih tinta berwarna kuning dan mencoretkan garis tak beraturan yang menyerupai tandatangan.

Setelah membuka acara, Jokowi yang ditemani Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri sempat berkeliling ke dalam Galeri Nasional untuk melihat lukisan yang dipamerkan.

Dari 3.000 lukisan yang ada di Istana Kepresidenan seluruh Indonesia, dipilih karya-karya terbaik yang bertemakan kemerdekaan RI, untuk menyambut HUT RI ke-71.

Usai berkeliling melihat lukisan dan hendak meninggalkan lokasi acara, Jokowi sempat mengungkapkan makna goresan yang ia lukis di kanvas.

“Saya tadi mau menulis ‘seni’, tapi saya lakukan tergesa-gesa,” kata Jokowi sambil tertawa.